Skip to content
Home » 10 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Selama Liburan di Bali

10 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Selama Liburan di Bali

    Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Selama Liburan di Bali

    Melakukan perjalanan liburan di Bali memang menyenangkan apalagi jika sudah mengunjungi pantai pantai populernya. Akan tetapi, perjalanan liburan Anda bisa terasa kurang apabila belum menikmati beberapa Makanan Khas Bali.

    Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Selama Liburan di Bali

    Mencicipi makanan khas setempat di wilayah di mana Anda berwisata akan jadi pengalaman menyenangkan. Tentu saja selain panorama alam, ketika berwisata ke Bali wisatawan dapat menikmati beberapa makanan khas. Berikut adalah 10 Makanan Khas Bali yang wisatawan bisa cicipi.

    1. Rujak Buleleng

    Rujak Singaraja

    Hidangan menarik dari berbagai wilayah Indonesia termasuk bali tentu bisa menjadi pengalaman seru. Rujak Buleleng tampil dengan potongan buah kedondong, ubi merah, pepaya, nanas, timun, dan bengkoang. Sementara bumbunya dari campuran gula aren asli Belalang dengan tambahan terasi, cabai rawit, dan lainnya. Rasa dari Rujak Buleleng ini sangat menarik dan menyenangkan.

    2. Ayam dan Bebek Betutu

    Ayam Betutu

    Ayam dan Bebek Betutu juga menjadi makanan khas Bali yang layak wisatawan Coba. Bumbu dari makanan ini berasal dari resep masyarakat olak, penyajiannya unik menggunakan bungkusan daun pisang. Proses pengukusan ayam dan bebek betutu ini selama 1 jam sehingga kaldu alimnya akan sangat terasa ketika Anda mencicipinya.

    3. Sate Lilit

    Sate Lilit

    Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang cukup unik. Bahan dasarnya berasal dari daging ayam, babi, sampai dengan sapi. Sementara itu adonan ini dihaluskan dan dicampur dengan bumbu rempah rempah kuat. Rasa dari makanan ini benar benar lezat karena bumbu rempahnya kuat wisatawan tidak perlu lagi menambahkannya dengan kecap atau bumbu kacang.

    4. Serombotan

    Serombotan

    Apabila Anda ingin menikmati makanan khas Bali yang mirip Urap maka Serombotan jadi pilihannya. Masakan khas bali menyerupai urap ini berisikan tauge, bayam, kacang panjang, buncis, sampai terong bulat yang dipotong pendek pendek. Campuran sayuran ini menyajikan rasa yang nikmati dengan bumbu kacang atau uyah sere limo.

    5. Lawar

    Lawar Bali

    Lawar juga jadi makanan khas Bali yang mirip dengan serombotan. Proses pembuatannya dengan cara mengaduk dan terdiri dari berbagai campuran. Komposisi bahannya sendiri dari kelapa parut mentah dengan tambahan bumbu sayuran.

    Menariknya lawar juga sering tukang saji padukan dengan daging ayam ataupun babi. Lawar sekarang memang termasuk makanan yang jarang orang sajikan karena cukup ekstrim. Pastikan anggota tubuh dalam kondisi prima sebelum menikmati makanan ini.

    6. Bebek Bengil

    Bebek Bengil

    Bebek Bengil atau dalam bahasa Bali berarti Kotor merupakan makanan khas yang tawarkan keunikannya tersendiri. Masakan satu ini memiliki sejarah yang cukup populer di tengah masyarakat lokal Bali sehingga terkenal.

    Olahan makanan khas bali dari bebek kampung ini cukup menarik karena tukang saji akan membelah bebek jadi dua, membersihkannya dan merebusnya. Kemudian bebek bercampur dengan rempah rempah selama 3 jam. Tekstur dari makan ini sangat renyah dan tentunya rasanya sangat nikmat.

    7. Bubur Mengguh

    Bubur Mengguh

    Bubur Mengguh menawarkan cita rasa yang juga lezat. Makanan khas bali satu ini memiliki rasa sangat gurih karena bumbunya berasal dari santan dan beras. Dalam penyajiannya bubur mengguh menambahkan ayam suwir serta kuah kaldu ayam, semtara ada urap sayur secara terpisah.

    Kombinasi rasa pedas dan masih akan membuat wisatawan ketagihan saat menikmatinya. Bubur Mengguh sampai saat ini masih banyak wisatawan gemari karena rasa dan juga teksturnya cocok untuk beberapa orang. Jangan sampai melewatkan mencicipi bubur mengguh saat berwisata ke Bali.

    8. Nasi Tepeng

    Inilah 10 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Selama Liburan di Bali

    Nasi Tepeng juga menjadi salah satu makanan khas yang juga wajib Anda coba. Tekstur nasi tepeng ini lembek seperti nasi tim. Rasanya gurih dan enak karena terbuat dari komposisi santan, kunyit, garam, dan daun salam. Makanan khas ini semakin enak dengan tambahan ayam goreng, daun pisang, kacang merah, kacang panjang, dan masih banyak lagi.

    9. Tipat Cantok

    Tipat Cantok

    Masakan Tradisional Bali memang tidak ada habisnya karena unik unik seperti Tipat Cantok. Makanan yang mirip dengan gado gado ini terbuat dari bahan utama seperti tahu, timun, taoge, kacang panjang, dan ketupat. Spesialnya ada bahan tambahan seperti perasan air jeruk dan kencur. Rasanya sangat lezat dan juga nikmat.

    10. Tum Ayam

    Tum Ayam

    Ayam menjadi makanan yang sering menjadi bahan utama untuk masakan khas termasuk di Bali. Tum Ayam diolah dari ayam dengan isian beraneka macam seperti jahe, serai, daun salam. Bumbu halusnya berasa dari bawang putih, kemiri, cabai, merica, garam, hingga terasi. Hidangan ini cukup praktis dan bisa langsung wisatawan nikmati saat berlibur di Bali.

    Demikian informasi mengenai 10 Makanan Khas Bali yang wisatawan bisa cicipi. Menikmati masakan khas di suatu daerah termasuk Bali akan memberikan pengalaman baru saat melakukan perjalanan wisata bersama keluarga.

    WhatsApp